Skip to main content

Photoshop Versi Terbaru Telah Diluncurkan

photoshop 2015.5
Photoshop CC 2015.5

Photoshop Versi Terbaru Telah Diluncurkan Adobe


         Pada tanggal 21 Juni 2016 Adobe telah merilis Adobe Photoshop versi terbaru yang dinamakan Photoshop 2015.5 (walaupun sekarang sudah tahun 2016 namun Adobe tetap mempertahankan angka 2015 sebagai nama versi). Berbeda dengan versi-versi sebelumnya yang lebih berupa minor update maka di rilis Photoshop versi terbaru ini merupakan full version upgrade yang secara teknis bisa dikatakan sebagai Photoshop versi 17.
           Di Photoshop versi terbaru ini Adobe menawarkan tidak hanya kemampuan editing foto yang lebih baik namun juga perbaikan dalam hal performa dan fitur-fitur baru yang akan sangat membantu baik bagi fotografer maupun untuk desainer. Berikut ini apa yang baru dari Photoshop 2015.5.

Seleksi dan Masking yang lebih baik

         Adobe memperkenalkan fitur “Selection & Masking ” yang baru mirip dengan fitur Refine Edge yang ada di versi sebelumnya (fitur Refine Edge masih tetap tersedia di versi ini). Di dalam fitur baru ini Adobe mengintegrasikan beberapa selection tool terbaik Photoshop dalam satu window (space) dengan tambahan 2 fitur baru yang akan membuat proses selection dan masking menjadi lebih mudah, lebih presisi, dan efisien. Ke-2 fitur baru di dalam Selection & Masking Space ini adalah:
Visualization controls: slider transparansi dan mode tampilan “Onion Skin” akan memberikan tampilan prediksi terhadap seleksi yang dilakukan sehingga memudahkan user untuk melihat hasil seleksi yang dilakukan secara real time sembari proses seleksi dilakukan secara bersamaan.
Refine Edge Brush: tool brush yang mirip dengan brush tool di window Refine Edge akan membantu user dalam melakukan proses pemisahan foreground dan background secara manual untuk area seleksi yang lebih kompleks.

Facial Aware Liquify

         Fitur ini merupakan fitur baru yang diperkenalkan di dalam filter Liquify yang berguna pada saat melakukan retouching dan editing foto portrait. Fitur Facial Aware Liquify akan melakukan proses deteksi secara otomatis terhadap elemen-elemen dalam wajah (mata, hidung, mulut, rahang, dll).

Content Aware Crop

        Tool ini merupakan pengembangan dari fitur Content Aware Fill yang sudah diperkenalkan di versi sebelumnya. Di Photoshop versi terbaru ini proses content aware bekerja dengan lebih baik dan lebih cepat dengan menawarkan solusi terhadap permasalah yang umum sering terjadi pada saat melakukan proses cropping.

Match Font

       Fitur ini merupakan fitur yang paling banyak dinantikan oleh para desainer. Dengan fitur baru Match Font, Adobe Photoshop akan mencoba mengenali jenis font yang ada pada image. Lakukan proses seleksi pada area image di foto dimana terdapat teks, selanjutnya apabila Photoshop mengenali font tersebut maka akan ditampilkan jenis fontnya di koleksi font yang ada di komputer user atau di Adobe Typekit.

Artboards

        Fitur Artboards merupakan salah satu dari fitur baru di Photoshop yang diperkenalkan oleh Adobe di versi CC 2015. Di Photoshop versi terbaru ini Adobe menambahkan beberapa pembaruan terhadap fitur ini diantaranya:
- Duplikat layer atau group layer ke artboard baru
- Merubah background artboard dengan lebih mudah
- Menampilkan transparency di dalam artboard

Perbaikan Performa

        Adobe menyatakan di Photoshop versi terbaru ini performa aplikasi menjadi lebih baik dan cepat. Proses instalasi menjadi yang lebih cepat, waktu loading menjadi lebih cepat, menghilangkan window-window yang tidak perlu, menu font 4x lebih cepat, fitur Content Aware Fill menjadi 3x lebih cepat dan proses membuka dokumen yang juga lebih cepat. Kedepannya Adobe akan merilis Photoshop dalam beberapa versi berdasarkan performance ini sehingga kita mungkin akan mendapatkan Photoshop versi ringan (lite) selain versi yang full features.

Legacy Healing Algorithm Option

         Ini merupakan update yang bisa jadi kebalikan dari semua hal baru di atas. Karena update ini justru memberikan option pada user untuk kembali menggunakan algoritma lama (yang digunakan sebelum Photoshop CC) pada saat menggunakan tool Healing Brush. Option ini bisa ditemukan di menu Edit > Preferences > Tools. Bila Anda mengaktifkan option ini maka fitur “Live Healing Brush” di Photoshop CC akan non-aktif. Live healing adalah fitur dimana ketika Anda melakukan brushing dengan tool ini maka efeknya akan diproses seketika secara real time (live) pada saat Anda melakukan brushing sembari menekan tombol mouse. Di Photoshop versi lama, efeknya baru akan terlihat setelah Anda melepaskan tombol mouse pada saat brushing.
         Keuntungan dari menggunakan Legacy Healing Algorithm ini adalah hasil dari proses healing bisa lebih akurat karena algoritma yang lama bekerja dengan cara memahami seberapa besar area sampling dan area targetsebelum membuat kalkulasi untuk hasil akhirnya. Sedangkan algoritma di fitur Live Healing Brush bekerja seperti fitur auto untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih cepat (live).

Masalah Plugin

          Photoshop versi 2015.5 ini adalah versi full upgrade dari versi sebelumnya. Karena itu, untuk Anda yang menggunakan plugin external (dan custom panel) di Photoshop versi sebelumnya Anda harus menginstal ulang semua plugin Anda di versi terbaru ini. Perlu diketahui, sama seperti versi-versi full upgrade sebelumnya maka plugin-plugin tersebut juga harus compatible dengan versi terbaru ini. Jadi pastikan developer dari plugin yang Anda gunakan sudah mengkonfirmasi bahwa plugin mereka compatible dengan Photoshop versi terbaru ini. Silahkan cek di web dari masing-masing developer tersebut.
           Bila Anda masih ingin bisa menggunakan plugin-plugin Anda sebelumnya sampai Anda memiliki update dari plugin tersebut untuk versi terbaru dari Photoshop 2015.5 ini, maka Anda bisa tetap mempertahankan versi Photoshop sebelumnya pada saat menginstal/update Photoshop versi terbaru. Untuk itu pada saat instalasi update pastikan Anda klik “Advanced Options” lalu pastikan pilihan “Remove old versions” tidak aktif.
         Bagaimana mendapatkan update Photoshop versi terbaru ini? Sama dengan aplikasi Adobe lainnya yang berbasis Creative Clouds (CC), maka update Photoshop versi 2015.5 ini akan secara otomatis didistribusikan secara online kepada seluruh penggunanya. Apabila Anda ingin melakukannya tanpa ingin menunggu proses update dari Adobe, Anda bisa klik menu Help > Updates di Photoshop dan pastikan komputer Anda terhubung ke internet dan signin dengan Adobe user ID Anda.
Secara umum Photoshop versi 2015.5 merupakan full upgrade yang layak dari versi sebelumnya dengan menawarkan banyak fitur baru dan terutama perbaikan dalam performa yang dibutuhkan oleh para desainer maupun fotografer/retoucher. Untuk mencoba versi free trial Adobe Photoshop ini bisa Anda download dihalaman ini. Untuk mendapatkan full version silahkan kunjungi halamanberikut ini dan klik “Buy Now”.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Stiker Cutting di Photoshop, 10 Menit Bisa!

Tidaklah sulit untuk membuat stiker cutting di Photoshop. Photshop sticker banyak macamnya, salah satunya adalah sticker yang didominasi dengan memadukan nomor, gambar, dan latar belakang yang unik. Cara membuat dengan Photoshop bisa kalian pelajari dimana saja. Salah satunya adalah di artikel tentang Photoshop kali ini. Sesuai namanya, stiker cutting ini bisa kalian potong dan diletakkan dimana pun. Stiker adalah salah satu media yang dapat kita gunakan untuk mempromosikan suatu benda, meski jangkauan promosi tidak terlalu besar tapi tetap bisa untuk membangun sebuah brand. Dan konsep yang ada di pikiran kita bisa tertuang dengan baik. Dan desain stiker bisa kita variasikan terserah apa yang kita inginkan. Stiker cutting ini ukurannya relatif kecil. Hasil tutorial membuat stiker di Photoshop kali ini kurang lebih seperti pada gambar di atas.Membuat stiker bukan hanya di Photoshop, bisa juga kalian membuat desain stiker di Android ataupun Corel Draw. Namun kali ini kita akan memba

Cara Membuat Logo Lingkaran Keren di Photoshop

Logo rumahdesa1n Cara Membuat Logo Lingkaran Keren Dengan Photoshop Terbaru Halo bertemu lagi dengan rumahdesa1n kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat logo lingkaran keren di photoshop , logo bulat keren kali ini terdiri dari dua lingkaran yaitu lingkaran dalam dan luar, bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak cara membuat logo keren lingkaran di photoshop. Oh ya, lambang ini akan keren jika digunakan di baju 1. Langkah pertama buat dokumen, kami menggunakan ukuran 1200x700 pixels 2. Buka gambar yang ingin dijadikan background dan letakkan pada dokumen pertama, atur ukuran gambar backgroundnya, kami menggunakan background kota new york 3. Selanjutnya tampilkan grid yaitu dengan cara klik view-show-grid 4. Buat lingkaran sempurna, cara membuat lingkaran sempurna di photoshop yaitu dengan Elliptical Marque Tools (M), tekan SHIFT dan ALT agar lingkaran bulat sempurna 5. Seperti ini lingkarannya 6.  Saat garis ling

Cara Mudah Cepat Kaya Di Hay Day

      Halo semua, kembali lagi dengan kami rumahdesa1n , kami menambah tema baru yaitu tips dan trik dari game game yang sedang populer di android yaitu hay day, artikel kali ini bertemakan cara bermain hay day agar cepat kaya yang juga sama dengan membahas cara cepat kaya di hay day terbaru 2016 semoga anda paham dengan tips dan trick dibawah ini. Tips Bermain Game Hay Day Agar Menjadi Petani Sukses dan Kaya 1. Menghemat Benih Tanaman Setiap 1 benih jagung yang kamu tanam, kamu akan mendapatkan 2 benih jagung saat memanennya. Jadi kamu untung 1 benih jagung. Tentu saja kamu tidak hanya memiliki satu jenis benih tanaman. Nah benih – benih ini jangan di habiskan, karena benih tanaman ini bisa di pakai untuk membuat makanan ternak, roti, popcorn, dan masih banyak lagi. 2. Manajemen Waktu Setiap tanaman memiliki waktu panen yang berbeda – beda. Ada 1 menit adapula yang berjam – jam. Jadi tanamlah tanaman yang memiliki waktu panen yang paling lama pada waktu kamu bek